Kamis, 18 Agustus 2011

Awali Ternak dengan Hobi

KHOIRUNISA' AYU YULIASIH
AKRAB - Sulis terlihat akrab dengan burung miliknya.

Awali Ternak dengan Hobi

NGAWI - Sekarang banyak peternak ayam yang bermunculan. Salah satunya Sulis, yang beralamat di Sidolaju RT 01 RW 09 nomor 16 Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi. Dia memulai ternak berawal dari hobinya.
Sulis, mengatakan jika dirinya mengawali ternak ayam itu dari hobi. "Saya itu mengawali beternak ayam dari hobi. Hobi itu sejak kecil. Namun beternak itu sejak tahun 1990. Beternak itu dikarenakan tuntutan ekonomi. Apalagi saya kan hanya orang yang hidup di desa," kata suami dari Nur Aini.
Ditambahkan, untuk harga berbeda antara anakan dengan indukan. "Untuk harga sendiri itu berbeda antara anakan dengan induk. Saya kan beternak ayam bangkok. Kalau umur 7 hari sekitar 8 sampai Rp 140 ribu. Sedangkan untuk indukan berkisar Rp 150 hingga Rp 250 ribu. Itu baru yang biasa saja. Belum yang dipakai untuk aduan. Mungkin kalau dipakai untuk aduan bisa lebih tinggi," ujarnya.
Dia menambahkan mengenai cara pemeliharaan yang dilakukannya untuk ayamnya. "Saya itu memiliki cara pemeliharaan tersendiri untuk ayam saya. Dari ayam masih kecil diberi BR1. Lalu diberi juga vitacin, tetraclor dan obat lainnya. Kalau tak segera ditanggulangi biasanya mengalami kematian. Untuk pemliharaan sendiri ya dijemur pada pagi hari. Kemudian dimandikan dan dikeringkan," katanya.
Dia berharap kedepannya agar pemerintah khususnya kota Ngawi dapat memberikan pinjaman modal untuk peternak ayam agar bisa berkembang. (ap1/ap2)

1 komentar: