Senin, 11 Juli 2011

DALAL MUSLIMIN

TUNJUKKAN - Tan Kie Liong berada diantara plong kandang perkutut kesayangannya.

Ingin Bagus, Jangan Banyak Minum

COMAL - Bagi kung mania, tentunya mengharapkan perkutut andalannya memiliki suara yang indah dan stabil, sehingga saat digantang dalam suatu iven akan menjadi juara. Ada salah satu rahasia yang dibeberkan oleh Tan Kie Liong atau biasa dipanggil Bejo. Jika perkutut ingin bagus suaranya, maka jangan banyak diberi minum.
"Kalau burung ingin suaranya bagus, jangan banyak minum atau istilahnya ngokop," jelas Bejo Subroto, saat ditemui Radar di rumahnya Jalan Teratai Raya Comal.
Dijelaskan, jika perkutut terlalu banyak minum, saat digantang atau dipanaskan, maka akan merusak pita suara burung. Disamping itu akibat kebanyakan minum, perkutut akan berakibat mencret saat buang air. Akibatnya, burung akan malas manggung, sehingga belum bisa mencapai standar untuk lomba.
Tan Kie Liong Bird Farm atau biasa dikenal dengan TKL BF, perkutut andalannya pernah beberapa kali menjuarai beberapa iven. Diantaranya, gandrung pernah juara September 2006, rindu juara 3 di latber smackdown cup.
Disamping itu, lestari pernah juga menjadi juara 1 di kelas piyik yunior roban cup II 2008 Batang Pekalongan. Selain itu, anakan dari lestari juara 3 di Latber Brebes.
Saat ini, dia memiliki 14 plong kandang indukan, namun seiring berjalannya waktu saat ini hanya masih ada 7 pasang indukan saja. Dirinya mulai aktif bermain perkutut lomba sejak 2004 yang lalu, dengan mengikuti berbagai iven bergengsi di beberapa daerah, mulai dari Pekalongan, Tegal, Brebes, Semarang dan lainnya.
Disamping, perkutut disarankan jangan terlalu banyak minum. Menurutnya, perkutut juga disarankan jangan terlalu jauh-jauh dari orang. Dengan begitu, perkutut akan mengenal orang yang memiliki atau yang memeliharanya. "Burung kalau tidak dipegang oleh orang lebih jinak. Sehingga akan mudah bunyi," tambah bapak tiga anak itu.
Untuk selalu berdekatan dengan perkutut kesayangannya, sampai-sampai saat menonton televisi, Bejo selalu meletakkan kurungan perkututnya di meja sebelahnya. "Kalau nonton TV, perkutut ditaruh di meja sebelah tempat duduk, sehingga akan kenal dengan pemiliknya," lanjutnya.
Saat ini, dia mengandalkan lestari yang sudah memiliki beberapa prestasi. Lestari sendiri merupakan anakan dari lestari I dengan anakan virgo TKD.
Dirinya berharap kepada P3SI Korda Pekalongan agar selalu rutin menggelar lomba, sehingga akan bertambah ramai peminat perkutut. "Sering lomba, biar tambah ramai," pungkasnya. (dal)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar