Senin, 11 Juli 2011

Si Jambul, Pernah Juara I

KHAMDANAH MAULIDAH
AKRAB - Iin, istri Joko Riyanto tampak akrab dengan burung milik suaminya.

Si Jambul, Pernah Juara I

PEKALONGAN - Si jambul, burung jenis cucak ijo milik Joko Riyanto pernah meraih juara I tingkat eks Karisidenan Pekalongan di Sragen.
Demikian dikatakan Joko Riyanto sang pemilik saat ditemu Radar pada Jumat (1/7), "Burung milik saya pernah meraih juara I yaitu Si Jambul, burung jenis cucak ijo. Selain itu juga ada yang meraih juara II yaitu Niki, burung jenis murai. Kejuaraan itu tingkat eks karisidenan. Nah untuk burung saya itu semuanya memiliki karakteristik yang sama. Suaranya itu tak putus-putus," ujarnya.
Ditambahkan, burung miliknya diberi makanan telur semut (kroto) untuk menjaga stamnina tubuhnya. Sehingga saat berlaga di lapangan akan siap sedia. "Saya memberi makan burung saya dengan telur semut (kroto)."
Dikatakan, dirinya menyukai burung sejak kecil, awalnya karena berteman dengan para penghobi burung. "Nah akhirnya saya pelihara sendiri yang serius untuk dilombakan sejak memiliki istri. Itu sekitar umur 30 tahunan," ucapnya.
Dirinya memiliki burung itu, hanya sebatas kesenangan saja dan tidak untuk menjualnya. Sebab, pernah pula burung kesayangannya ditawar orang tapi ditolak karena masih senang. "Tapi walau ikut lomba bukan incar hadiah tapi sekedar hobi," imbuhnya.
Dalam menjalani hobinya tersebut, Joko juga memiliki suka duka tersendiri. Dia suka jika burung yang dilatih gampang dan tak rewel. Syukur-syukur bisa meraih juara. Sedangkan dukanya itu jika hilang dan tak kembali. "Apalagi burung kesayangan," ujarnya.
Dia berharap kedepannya pemerintah bisa turut andil untuk memberi perhatian khusus kepada para penghobi burung. Sebab selama ini penggemar burung semakin banyak, namun belum ada tempat khusus untuk latihan dan lomba.
"Nah lebih tepatnya disediakan tempat berupa pasar burung yang permanen sehingga penggemar mudah melatih burung miliknya. Lagipula kan juga bisa meningkatkan kualitas burung terutama di Kota Pekalongan. Kan sekiranya juga sudah cukup terkenal," pungkasnya. (ap1/ap2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar