Senin, 09 Mei 2011

Meski Latihan, Tetap Ramai

DALAL MUSLIMIN
RAMAI - Meskipun hanya latihan rutin, namun penghobi kicau semakin ramai saja.

Meski Latihan, Tetap Ramai

KEDUNGWUNI - Semarak latihan para penghobi burung kicauan semakin ramai saja di Paesan Kedungwuni, Jumat (29/4). Hal itu juga terkait maraknya lomba di berbagai wilayah yang juga menjadikan motivasi tersendiri para maniak burung untuk menjadikan burung kesayangannya menjadi juara.
Salah satunya Helwy, warga Ambokembang Kedungwuni yang baru pertama kalinya mengikuti latihan tersebut. Dia bersama kawannya membawa burung Cucak Ijo yang baru dibelinya dari Yogyakarta. Meski masih baru, namun burung itu sudah mulai bersuara di gantangan. "Saya baru pertama kali ini mengikuti latihan di Kedungwuni," ujarnya.
Dikatakan, burungnya baru saja dibeli dengan harga Rp 800 ribu dan sudah memiliki kicauan standar Cucak Ijo yang khas. Mental burungnya juga sudah sedikit tertata, terlihat saat digantang, sang burung tenang saja menghadapi lawannya yang sudah gacor dan nyerocos terus. "Burungnya sudah agak tenang, cuma belum begitu terbentuk mentalnya," lanjutnya.
Selain itu, imbuhnya, burungnya juga baru selesai mabung, sehingga belum begitu ngotot untuk menyerang lawannya dengan suara khasnya. Sebab, biasanya burung yang baru selesai mabung ini, disimpan terlebih dahulu untuk dalam beberapa bulan memperbaiki bulunya yang baru saja rontok. "Ini baru selesai mabung, lihat saja bulunya," ujar Helwy yang kini tinggal ditempat istrinya di Pangkah.
Selain Cucak Ijo, dirinya juga memiliki beberapa burung di rumahnya seperti Kacer, Trocok dan lain sebagainya. Meski begitu, dia mengaku baru melihat-lihat iven latihan tersebut. Rencananya dia akan mengikutsertakan burung lainnya jika sudah tahu tata caranya dalam latihan. "Kalau sudah tahu, nanti akan kubawa dalam latihan," ungkapnya tenang.
Dalam latihan itu, tambahnya, biaya pendaftaran hanya Rp 10 ribu, sehingga dirasa cukup terjangkau baginya untuk mengikutsertakan burung favorit kedalam latihan.
Tentunya, latihan itu akan memberikan efek positif bagi burung dan para pecintanya, karena burung akan semakin kuat mentalnya dalam menghadapi iven lomba. Disamping itu, pemiliknya akan semakin berambah teman dan sahabat sesama pecinta burung. (dal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar