Minggu, 29 Mei 2011

Persiapkan 'Arjuna' untuk Menang

MUHAMMAD FAHMI B
BERSAMA - H Arif Kariadi bersama MB 'Arjuna' kesayangannya.

Persiapkan 'Arjuna' untuk Menang

PEKALONGAN - Bagi para kicau mania umumnya, memenangkan berbagai kontes atau perlombaan merupakan suatu 'kewajiban' yang harus bisa dicapai. Prinsip ini berlaku bagi kicau mania, salah satunya H Arif Kariadi pemilik burung Murai Batu yang dinamakan 'Arjuna' tersebut. Pasalnya, dirinya selalu mempersiapkan semaksimal mungkin burungnya, untuk memenangkan berbagai lomba.
Ditemui Radar di kediamannya Jalan Brawijaya Perumahan Gama Permai Kota Pekalongan, H Arif mengatakan, meski sudah pernah menjadi juara, namun dirinya tidak mudah berpuas diri. Karena baginya kemenangan adalah suatu keharusan yang tidak dapat ditawar lagi. "Sebelumnya 'Arjuna' pernah menjuarai berbagai kontes dengan menyabet juara tiga besar. Hal ini membuat saya lebih berusaha keras agar 'Arjuna' bisa memenangkan berbagai lomba. Untuk itu dilakukan persiapan secara maksimal," ucapnya.
Persiapan yang dilakukannya dengan memberikan perhatian khusus yang meliputi pemberian makanan extra bersuplemen, serta sering mengikuti berbagai latihan yang digelar di dalam maupun luar kota. Namun, dikarenakan dirinya mempunyai aktivitas yang padat maka untuk mengikuti latihan, burungnya dipercayakan kepada seseorang untuk melatih dan melombakannya. "Bentuk perhatian saya kepada si 'Arjuna' dengan memberikan konsumsi makanan secara seimbang, pemberian extra fooding. Dikarenakan setiap pagi hingga sore saya bekerja, maka terpaksa memandikan pada sore hari. Dan tidak hanya itu, untuk latihanpun saya percayakan kepada orang kepercayaan," terangnya.
H Arif mengaku kepincut merawat 'Arjuna' karena merupakan burung fighter, suaranya merdu, juga mudah dalam perawatan. Meski, dalam segi biaya perawatan lebih mahal daripada burung-burung kicauan lainnya, namun bukanlah menjadi suatu hambatan baginya. "Saya mendapatkan burung ini kurang lebih beberapa bulan yang lalu. Pemberian nama 'Arjuna' ini mempunyai arti, diharapkan dapat meniru karakteristik tokoh pewayangan tersebut yang gagah perkasa dan disukai kawan dan disegani lawan. Memang benar biaya perawatan lebih mahal daripada burung kicauan lainnya. Biasanya sekitar Rp 150.000/bulan, kalau burung lain berkisar Rp 50.000. Tapi, yang namanya hoby yang tetap saja dilakukan," ujarnya dengan ramah.
Selain 'Arjuna' kebanggaannya, H Arif juga mempunyai andalan lagi yakni burung tledekan. Dan dalam kediamannya juga terdapat tujuh burung berbagai jenis dan tentunya 'berkelas'. Yang terpenting baginya setiap pemilik burung harus memahami setiap karakter burung, sehingga burung merasa nyaman dan mengeluarkan suara yang indah. (ap10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar